Jumat, 11 Januari 2013

Etika Dalam Dunia Politik

Etika Politik


1. Pengertian Politik
Pengertian Politik berasal dari kata ‘politics’ yang memiliki makna bermacam-macam kegiatan dalam suatu system politik atau ‘negara’ yang menyangkut prosespenentuan tujuan-tujuan dari system itu dan diikuti dengan pelaksanaan tujuan-tujuan itu
2. Dimensi Politik Manusia
a. Manusia sebaga makhluk individu-sosial
Berdasarkan fakta dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak mungkin memenuhi segala kebuuhannya, jikalau mendasarkan pada suatu anggapan bahwa sifat kodrat manusia hanya bersifat indivdu atau social saja. Manusia memang merupakan makhluk yang bebas,namun untuk menjamin kebebasannya ia senantiasa memerlukan orang lain atau masyarakat.
b. Dimensi politis kehidupan manusia
Berdasarkan sifat kodrat manusia sebagai makhluk individu dan makhluk social, dimensi politis mencakup lingkaran kelembagaan hokum dan Negara, system-sistem nilai serta ideology yang memberikan legitimasi kepadanya.
3. Nilai-nilai Pancasila sebagai Sumber Etika Politik
Dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan Negara, etika politik menuntut agar kekuasaan dalam Negara dijalankan sesuai dengan asas legitimasi yaitu dijalankan sesuai dengan hukum yang berlaku, disahkan dan dijalankan secara demokratis dan dilaksanakan berdasaran prinsip-pinsip moral atau tidak bertentangan dengannya. Pancasila sebagai suatu system flsafat memiliki tiga unsure tersebut. Dalam pelaksanan dan penyelnggaraan Negara, baik menyankut kekuasaan, kebijaksanaan yang menyankut public, pembagian serta kewenangan harus didasaran legitimasi moral religious (sila I) serta moral kemanusiaan ( sila II)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar